"Tools Pintar: Membuat Resolusi Akhir Tahun Lebih Terukur dengan 5 Kriteria SMART"​

download (6)

Resolusi akhir tahun seringkali dianggap sebagai langkah awal menuju perubahan positif dalam hidup. Namun, seringkali resolusi tersebut tidak tercapai karena kurangnya perencanaan dan pengukuran yang konkret. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana menggunakan tools yang tepat untuk membuat resolusi akhir tahun menjadi lebih terukur, dengan menerapkan konsep SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound).

1. Spesifik (Specific):

Pilih tujuan yang spesifik dan terukur. Jelaskan dengan rinci apa yang ingin Anda capai. Misalnya, bukan hanya “menginginkan peningkatan bahasa Inggris,” tetapi lebih spesifik seperti “meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.”

2. Mengukur (Measurable):

Tetapkan cara untuk mengukur kemajuan. Contohnya, “mengukur kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti tes kemampuan bahasa setiap bulan.”

3. Dapat Dicapai (Achievable):

Pastikan resolusi yang Anda tentukan dapat dicapai dengan sumber daya yang dimiliki. Misalnya, “menghabiskan 30 menit setiap hari belajar bahasa Inggris dengan aplikasi belajar daring.”

4. Relevan (Relevant):

Pilih resolusi yang relevan dengan tujuan jangka panjang dan nilai-nilai pribadi Anda. Misalnya, “meningkatkan kemampuan bahasa Inggris untuk mendukung peluang karir internasional.”

5. Waktu-Batasan (Time-Bound):

Tetapkan batas waktu untuk mencapai resolusi Anda. Contohnya, “mencapai tingkat keahlian bahasa Inggris yang diinginkan dalam enam bulan.”

Dengan memanfaatkan tools dan prinsip SMART, Anda dapat membuat resolusi akhir tahun yang lebih terukur dan meningkatkan peluang kesuksesan Anda. Pilih tujuan yang spesifik, ukur kemajuannya, pastikan dapat dicapai, relevan dengan nilai-nilai Anda, dan tentukan batas waktu untuk mencapainya. Dengan demikian, resolusi Anda tidak hanya menjadi impian, tetapi juga rencana yang dapat diwujudkan.

 
 
 
Scroll to Top