Meningkatkan Literasi Keuangan untuk Pertumbuhan UMKM

Meningkatkan Literasi Keuangan untuk Pertumbuhan UMKM

30 April 2024, di Grand Sunshine di undang 40 UMKM yang terpilih dari Kabupaten Bandung. 40 UMKM terpilih dalam satu ruangan untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelaku usaha mikro. Langkah ini krusial untuk memperkuat fondasi ekonomi lokal

Kehadiran 40 UMKM tersebut mencerminkan semangat dan komitmen mereka untuk meningkatkan kemampuan mengelola keuangan usaha mereka. Dalam suasana yang penuh energi dan kolaborasi, mereka berbagi pengalaman, strategi, dan ide-ide inovatif yang memperkuat basis ekonomi mereka.

Fokus utama acara ini adalah memperkuat layanan PLUT-KUMKM dan memberikan konsultasi usaha terstruktur. Para peserta mendapatkan bimbingan sesuai kebutuhan, dengan harapan mengoptimalkan manajemen keuangan mereka. Diskusi dan sesi tanya jawab juga menjadi ajang untuk menggali pengetahuan lebih dalam dan memperoleh solusi untuk tantangan mereka.

Para peserta juga aktif berbagi pengalaman, kisah sukses, dan hambatan dalam menjalankan usaha mikro mereka. Dalam suasana saling dukung, mereka membangun hubungan kuat dan memperluas jaringan kerja mereka, membawa manfaat jangka panjang.

Harapan dari kegiatan ini sangatlah besar. Dengan adanya peningkatan literasi keuangan UMKM dapat menjadi lebih tangguh serta adaptif dalam perubahan bisnis. Dengan demikian, mereka dapat berperan lebih efektif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja baru.

Kegiatan sinergi ini juga merupakan langkah awal dalam membangun ekosistem bisnis inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Bandung. Adanya kolaborasi bersama dengan berbagai sektor, dapat menduking terhadap pertumbuhan serta inovasi di lingkungan wilayah tersebut.

Workshop Literasi Keuangan

Pada kegiatan ini, para peserta mendapatkan sesi pelatihan dan konsultasi serta terjalinnya kolaborasi dengan sesama pelaku usaha mikro. Dengan adanya kolaborasi ini para umkm dapat meningkatkan serta memperkuat semangat dalam menjalankan bisnis dalam komunitas UMKM

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan platform untuk memperluas jejaring dan kerja sama antara UMKM dengan sektor publik dan swasta. Kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM, tetapi juga memperkuat ekosistem bisnis lokal secara keseluruhan.

Dari sudut pandang pemerintah daerah, acara sinergi ini merupakan wujud komitmen untuk mendukung dan memperkuat sektor UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi daerah. Dengan menyediakan akses ke layanan dan sumber daya yang diperlukan, pemerintah daerah berperan sebagai fasilitator untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

Secara keseluruhan, acara sinergi antara PLUT dan UMKM Kabupaten Bandung merupakan langkah konkret dalam memperkuat ekosistem bisnis lokal. Dengan peningkatan literasi keuangan, memperluas jaringan kerja, dan mendorong kolaborasi antar pemangku kepentingan, diharapkan UMKM dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di Kabupaten Bandung.

Dengan terciptanya lingkungan yang mendukung, UMKM memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berkembang dan berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan memperkuat ketahanan ekonomi lokal. Oleh karena itu, dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak sangatlah penting untuk mewujudkan visi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di Kabupaten Bandung.


Scroll to Top