Peningkatan Kualitas Perencanan Diskop Ukm Kab.Bandung

Peningkatan Kualitas Perencanan Diskop Ukm Kab.Bandung

Memasuki era disrupsi, yang penuh dengan tantangan besar, kita dituntut untuk terus bertahan dan berkembang dengan memanfaatkan kemampuan yang kita miliki. Dalam perjalanan kita sebagai anggota masyarakat, peran kita tidak pernah terlepas dari pengaruh dan kebijakan pemerintah yang selalu mengatur aspek-aspek kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kebijakan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat atau yang dikenal sebagai “user-centric” sangatlah penting agar program-program yang direncanakan pemerintah dapat mencapai hasil yang maksimal.

Pada tanggal 14 September 2023, The Local Enablers mendapatkan kesempatan yang berharga untuk memberikan pelatihan di Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bandung yang diselenggarakan di Puri Setiabudhi, Lembang. Pelatihan ini mencakup berbagai materi penting seperti Public Speaking, Design Thinking, dan OKR’s (Objectives and Key Results). Keseluruhan materi yang disampaikan sesuai dengan kerangka acuan kerja yang telah diberikan oleh Diskop UKM kepada The Local Enablers.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Bapak Agus Ismail Danuningrat S.T., M.M, yang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Koperasi UKM. Beliau menjelaskan pentingnya kegiatan ini bagi para pegawai Diskop UKM dan alasan mengapa materi seperti Public Speaking, Design Thinking, dan OKR’s dipilih. Bapak Agus menekankan bahwa para pegawai Diskop UKM perlu memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan mengungkapkan ide-ide mereka. Selain itu, pemahaman tentang Design Thinking juga diperlukan agar program kerja dapat lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat.

Materi pertama, Public Speaking, disampaikan oleh M. Lukmanul Hakim S.OR., CPSP, yang merupakan Community Manager di The Local Enablers. Materi ini dirancang untuk berjalan interaktif antara peserta dan pemateri. Selama sesi ini, terjadi tanya jawab dan juga sesi praktek untuk membuat “roadmap” dalam berbicara di depan umum. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar para pegawai Diskop UKM dapat dengan percaya diri menyampaikan ide-ide mereka dengan lebih baik melalui kemampuan public speaking yang ditingkatkan.

Kemudian, pada materi kedua, peserta diajak untuk memahami Design Thinking dan OKR’s oleh Hanif Izzatullah S.Kom, yang merupakan Curriculum Designer. Kegiatan ini tidak hanya terdiri dari penjelasan teoritis, tetapi juga melibatkan peserta dalam sesi “canvasing” yang memungkinkan mereka berinteraksi dan berkolaborasi secara aktif. Selama sesi canvasing, peserta bekerja bersama fasilitator untuk merancang solusi yang lebih baik.

Pelatihan ini dihadiri oleh 50 pegawai Diskop UKM dari berbagai bidang, dengan harapan bahwa mereka akan mampu mengadopsi mindset Design Thinking dan menghasilkan program-program kerja yang lebih berfokus pada kebutuhan pengguna. Penerapan Design Thinking sebagai mindset memerlukan waktu dan pengulangan, tetapi dengan kesabaran dan praktek yang konsisten, proses berpikir ini dapat menjadi kebiasaan yang membawa kesuksesan dalam pembuatan kebijakan dan program-program yang lebih baik.

Untuk mengakses informasi kegiatan The Local Enablers lainnya dapat di akses pada event lainnya

Scroll to Top