In-House Sertifikasi “Design Thinking for Educator” di Universitas Maranatha Sukses Digelar

Pada 4 dan 5 September 2024, Universitas Kristen Maranatha menggelar program in-house sertifikasi Design Thinking for Educator yang diikuti oleh 20 dosen dan tenaga pendidik. Program sertifikasi ini dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan inovatif bagi para pendidik, dengan tujuan utama meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan.

Apa itu Design Thinking?

Design Thinking adalah pendekatan inovatif dalam menyelesaikan masalah yang berfokus pada kolaborasi, kreativitas, dan solusi yang berorientasi pada pengguna. Dalam konteks pendidikan, metode ini memberikan cara baru bagi para pendidik untuk menangani tantangan-tantangan yang ada dengan lebih efektif dan inovatif.

Tujuan Program Sertifikasi

Program sertifikasi ini dirancang untuk membantu para dosen dan pendidik di Universitas Maranatha mengadopsi prinsip-prinsip Design Thinking dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menerapkan metode ini, para pendidik dapat meningkatkan kreativitas mereka dalam mendesain program pembelajaran, mengatasi masalah pendidikan dengan lebih cepat, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan berfokus pada kebutuhan siswa.

Kegiatan Program Sertifikasi

Program yang berlangsung selama dua hari ini tidak hanya memberikan teori mengenai Design Thinking, tetapi juga menawarkan sesi praktis. Peserta melakukan simulasi dan studi kasus yang memungkinkan mereka untuk menerapkan metode Design Thinking secara langsung. Mereka dibimbing oleh pelatih berpengalaman yang memandu dalam memahami proses langkah demi langkah dari metode ini.

Manfaat Sertifikasi Design Thinking untuk Pendidik

Program ini memberikan banyak manfaat bagi peserta, salah satunya adalah kemampuan untuk mengembangkan solusi inovatif untuk tantangan pendidikan yang ada. Selain itu, dengan adanya kesempatan kolaborasi antar sesama dosen dan tenaga pendidik, para peserta mampu berbagi pengalaman dan ide untuk meningkatkan kualitas pengajaran.

Respon Positif dari Peserta

Para peserta memberikan respons yang sangat positif terhadap program sertifikasi ini. Mereka menilai bahwa pendekatan yang diajarkan sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Banyak yang merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan setelah mengikuti program ini.

Harapan Masa Depan

Dengan keberhasilan program sertifikasi Design Thinking for Educator ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dalam pekerjaan sehari-hari. Selain itu, diharapkan para peserta juga dapat membagikan pengetahuan ini kepada kolega mereka, sehingga mendukung perubahan yang lebih inovatif dalam pendidikan.

Scroll to Top