Sesi Brainstroming Asyik dengan Framework Design Thinking

Sesi Brainstroming Asyik dengan Framework Design Thinking ​

Menggunakan Framework Design Thinking dalam sesi brainstorming dapat membuatnya lebih menyenangkan dan meningkatkan kreativitas peserta, bukan hanya produktivitas. Design Thinking, kerangka kerja terkenal yang berfokus pada pemahaman mendalam terhadap masalah, dapat menjadi panduan jelas untuk mencapai kesuksesan dalam sesi tersebut.

Pertama, dalam pendekatan Design Thinking, langkah awalnya adalah memahami pemikiran empati. Kami meminta peserta untuk memahami sudut pandang orang lain, menciptakan dasar empati yang kuat untuk menghasilkan ide-ide berharga. Kemudian, kita perlu menentukan tantangan atau masalah dengan jelas. Fokus pada definisi masalah yang spesifik dan terukur membantu peserta lebih terfokus pada pencarian solusi yang relevan dan kreatif.

Langkah berikutnya adalah memberikan kebebasan untuk berpendapat. Design Thinking mendorong ideasi bebas tanpa kritik terlebih dahulu, menciptakan suasana menyenangkan dan mendorong munculnya lebih banyak ide.Langkah teknis berikutnya adalah membuat prototipe ringan. Meskipun terdengar teknis, kita dapat menambahkan elemen kesenangan dan merangsang pemikiran kreatif pada ide dengan memberikan sentuhan prototipe ringan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti kertas, pensil warna, atau bentuk-bentuk sederhana.

Sesi Brainstroming Asyik dengan Framework Design Thinking ​

Pendekatan Design Thinking

Dalam pendekatan Design Thinking, kami menganggap langkah iterasi sebagai kunci penting. Kami tidak hanya mengundang peserta untuk menghasilkan ide-ide kreatif, tetapi juga untuk merenung dengan mendalam konsep-konsep yang mereka usulkan. Selama tahap ini, mereka tidak hanya mengenali keberhasilan dan kekurangan ide-ide tersebut, tetapi kami juga membimbing mereka untuk mengevaluasi sejauh mana setiap konsep mendekati solusi yang diinginkan. 

Fase refleksi ini bukan hanya tentang perbaikan ide-ide secara konkret, tetapi juga membuka peluang untuk pemahaman lebih mendalam tentang permasalahan yang dihadapi dan memperkaya pengalaman kreativitas sebagai suatu perjalanan. Sebagai penutup, sesi brainstorming dengan pendekatan Design Thinking tidak hanya menjadi rutinitas bisnis semata. Kami melihatnya sebagai eksplorasi yang membangun dasar yang kuat untuk kolaborasi dalam tim. 

Melibatkan aspek-aspek ini dalam sesi brainstorming menciptakan suasana yang tidak hanya berkaitan dengan kerja sama, tetapi juga menciptakan lingkungan yang menyenangkan.Sesi ini lebih dari sekadar tugas harian; ini adalah pengalaman bermakna yang merangsang kreativitas individu dan menghasilkan ide-ide yang tidak hanya inovatif, tetapi juga relevan dengan tuntutan dan kebutuhan saat ini.

Scroll to Top